Jumat, 16 November 2018

Mulai Awal Desember, 31 KUA Surabaya Akan Terapkan Simkah Web

foto: tribunnews
Kabar Pojok Surabaya - Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya masih mempersiapkan penerapan sistem informasi pernikahan berbasis website (Simkah Web). Rencananya, pencetakan kartu nikah sekaligus pendaftaran nikah secara online akan diterapkan awal Desember 2018.
Mudasir Abbas Staff Bimas Islam Kantor Kemenag Kota Surabaya mengatakan, Kota Surabaya ditunjuk oleh Kanwil Kemenag Jatim sebagai percontohan penerapan sistem baru ini. Sebanyak 31 Kantor Urusan Agama (KUA) akan mendapatkan printer baru yang khusus untuk mencetak kartu nikah elektronik yang disertai barkode.
"Awal Desember, Kota Surabaya mungkin bisa kami terapkan di 31 KUA. Kami ditunjuk pilot project Simkah Web ini. Tanggal 22 kami dapat printer dan pelatihannya," ujar Abbas seperti dilansir suarasurabaya.net, Jumat (16/11/2018).

Abbas mengatakan, sistem pencetakan kartu nikah elektronik ini nantinya juga terintegrasi dengan Dispendukcapil Kota Surabaya.

"Manfaat kartu nikah elektronik ini bisa lebih ringkas karena bentuknya seperti kartu ATM. Pasangan suami-istri akan lebih mudah bila ingin melegalisir buku nikah cukup dengan scand barkode kartu tersebut di semua KUA," katanya.

Abbas mengatakan, dengan sistem Simkah Web ini, masyarakat yang akan menikah juga bisa mendaftar secara online untuk menjadwalkan pernikahan. Setelah itu, administrasi tetap dilakukan secara manual datang ke KUA daerah asal. Masyarakat bisa mengakses melalui laman simkah.kemenag.go.id.(*/ss/dyh)

Tidak ada komentar: