Minggu, 20 Desember 2020

Tak Patuhi Prokes, Pengunjung Kafe di Kenjeran Ini di Rapid Test Antigen

puluhan orang berkerumun dalam sebuah ruangan yang penuh sesak dengan asap rokok



Kabar Pojok Surabaya - Polrestabes Surabaya bersama Pemkot Surabaya mengamankan 63 pengunjung kafe di Jalan Kenjeran saat gelar operasi protokol kesehatan, Sabtu (18/12/2020) malam.


Saat didatangi petugas, kafe itu nekat beroperasi tanpa mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Sebanyak puluhan orang berkerumun dalam sebuah ruangan yang penuh sesak dengan asap rokok. Tak hanya itu, minimnya ventilasi udara memicu resiko penularan Covid 19 berlipat ganda.

Mengutip surya.co.id, Wakapolrestabes Surabaya, AKBP Hartoyo, mengatakan dalam kafe tersebut pihaknya mengamankan 63 orang terdiri dari pengunjung, karyawan, serta manajemen kafe ke Mapolrestabes Surabaya.

"Kami mintai keterangan untuk manajemennya. Kemudian kami lakukan tracing untuk pengunjungnya juga lalu kami lakukan penindakan tipiring. Sita KTP," kata Hartoyo, Minggu (20/12/2020).

Selain itu, polisi bekerja sama dengan Dinas Kesehatan kota Surabaya untuk melakukan rapid test antigen kepada mereka yang terjaring dalam razia dan penertiban prokes tersebut.

"Hasilnya 63 orang dinyatakan nonreaktif, jadi kami beri imbauan dan kami pulangkan untuk selanjutnya mengikuti mekanisme persidangan Tipiring nantinya," tambahnya.

Hartoyo menyampaikan dengan tegas, kepada para manajemen rumah hiburan umum yang masih nekat beroperasi di tengah pandemi.

Pihaknya tidak akan pandang bulu dalam menegakkan aturan, terutama UU Nomor 4/1984 tentang Wabah Penyakit Menular.

"Silakan saja yang mau coba-coba. Tentu kami akan lakukan tindakan tegas dengan terus merazia RHU (rumah hiburan umum) yang nekat buka ditengah pandemi. Kami bersama pemerintah kota dalam hal ini Satpol PP akan mengawal juga aturan perwali 33 untuk mempercepat penanganan pandemi Covid-19 di Surabaya," tegasnya. [dyh/*]

Share



Berikan Komentar Anda 



Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar