Pusat Perbelanjaan


BG Junction


BG Junction adalah sebuah mal di kota Surabaya yang awalnya bernama Bubutan Golden Junction. 
BG Junction terletak di pusat kota Surabaya, atau di persimpangan antara Jl. Bubutan, Jl. Blauran dan Jl. Kranggan Surabaya. 
Di lantai 9 mal ini juga terdapat Choice City Hotel yang dibuka pada tanggal 26 Maret 2018

Lokasi ini dulunya adalah pusat perbelanjaan yang bernama Wijaya. Setelah Wijaya terbakar pada tahun 1991, maka pada tahun 2005 dibangunlah BG Junction dan selesai dengan pembukaan pada bulan Mei 2006.

Para developer dari tempat belanja ini adalah PT Sentral Supel Perkasa yang merupakan anak perusahaan dari Keppel Land Singapura. Mereka kemudian mengubah namanya menjadi BG Junction. .


Grand City


Grand City Surabaya adalah sebuah pusat perbelanjaan di Surabaya yang didirikan pada tahun 2009. Grand City Surabaya terdiri dari 6 lantai dengan penyewa - penyewa yang sudah terkenal sebagai perusahaan besar baik skala nasional maupun internasional. 

Pada Maret 2009 berdiri Grand City Convention and Exhibition Hall seluas 21 ribu m2. Convention hall ini letaknya bersebelahan dengan Grand City Mall. Ada jalan penghubung (connection) sepanjang 30 meter untuk pengunjung mal yang ingin ke area pameran melalui tiap lantai mal. 

Grand City Surabaya terletak di kawasan Gubeng, tepatnya antara Jalan Wali kota Mustajab dan Jalan Kusuma Bangsa berdekatan dengan Stasiun Surabaya Gubeng.

Grand City Surabaya berada di bawah naungan PT Hardayawidya Graha ini terinspirasi dari Suntec Singapura yang direncanakan menjadi venue paling representatif untuk kegiatan-kegiatan berskala besar dan internasional. 

Setelah selama tiga tahun pengelola melakukan riset pasar, tercetuslah gagasan menghadirkan gaya hidup lebih dari one stop shopping, tetapi juga one stop MICE. Selain convention hall, di atas lahan seluas 4,5 hektare ini akan berdiri mal, area perkantoran, hotel bintang lima dan apartemen yang saling terintergrasi. 

Pengunjung yang dibidik pun adalah kalangan atas yang ingin serba praktis, cepat, mudah dan nyaman. Untuk lalu lintas pengunjung, pengelola telah menyiapkan lahan parkir di tiap lantai mal yang terhubung dengan convention. Total kapasitas parkir dalam ini mampu menampung sekitar 2500 kendaraan. Mal ini akhirnya dibuka dan diresmikan pada tanggal 10 Oktober 2010. 



Tunjungan Plaza


Tunjungan Plaza (atau biasa disingkat TP) adalah sebuah pusat perbelanjaan yang paling populer di masyarakat kota Surabaya. Tunjungan Plaza terletak di Surabaya Pusat tepatnya di Jl. Jend. Basuki Rahmat dan mengarah hingga ke Jl. Embong Malang. 

Tunjungan Plaza (yang awalnya bernama Plaza Tunjungan)  merupakan family mall yang berkonsep untuk menyediakan seluruh kebutuhan keluarga dalam satu tempat. 
Pusat perbelanjaan ini mempunyai 6 bangunan utama yang saling berhubungan (Tunjungan Plaza 1-6).

Tunjungan Plaza yang berada di bawah naungan PT. Pakuwon Jati Tbk terus berkembang. Dari pembangunan yang dimulai pada tahun 1985, pembukaan Plaza Tunjungan I pada tahun 1986, perubahan nama Plaza Tunjungan menjadi Tunjungan Plaza serta perubahan logo mal dan renovasi Tunjungan Plaza I-II pada tahun 2007 hingga renovasi Tunjungan Plaza I-IV serta pembukaan Tunjungan Plaza V pada tahun 2015 dan Tunjungan Plaza VI pada tahun 2017.




Galaxy Mall


Galaxy Mall adalah pusat perbelanjaan di Surabaya. Mal ini didirikan pada tahun 1996. Mal ini terdiri dari 5 lantai dengan penyewa - penyewa yang sudah terkenal sebagai perusahaan besar baik skala nasional maupun internasional

Galaxy Mall merupakan family mall yang berkonsep untuk menyediakan seluruh kebutuhan keluarga dalam satu tempat.

Galaxy Mall 1 (saat itu bernama Mal Galaxy dalam bahasa Indonesia dan tanpa diikuti angka phase di belakang) mulai dibangun pada tahun 1994. Dua tahun kemudian, mall ini selesai dibangun dan dibuka. Dikelola oleh PT. Sinar Galaxy. Penyewa utama saat itu adalah Hero Supermarket, Timezone, Keris Departement Store, McDonald's dan Galaxy 21. Mal Galaxy juga mempunyai Techno Zone (pusat komputer dan handphone) hingga saat ini, di lantai 2, food court nusantara dan internasional (sekarang Food Galaxy) di lantai 3. Pada tahun 2005, Galaxy Mall melakukan perkembangan, perluasan dan penambahan satu ekstensi, yaitu Mal Galaxy Extension (sekarang Galaxy Mall 2) dengan penyewa utama Sogo Departement Store dan Celebrity Fitness, selesai dibangun dan dibuka pada tahun 2006. 

Pada tahun yang sama, Hero Supermarket di Mal Galaxy Existing (bangunan lama Mal Galaxy yang dibuka pada tahun 1996), kini ditempati supermarket internasional, yaitu 99 Ranch Market. Pada tahun 2010, Mal Galaxy menjadi Galaxy Mall karena banyak penduduk di Surabaya menyebut nama tersebut dan pada tahun yang sama, bioskop Galaxy 21, ditransformasikan menjadi bioskop Galaxy XXI. Pada tahun 2011, Centro Departement Store pertama di Surabaya dibuka. Pada tahun 2013, McDonald's di Galaxy Mall 1 lantai 2 ditutup dan kini ditempati oleh Erafone Megastore. Sedangkan McDonald's di Galaxy Mall 1 lantai 2 berpindah lokasi ke Jalan Manyar Kertoarjo tepatnya di bekas SPBU Pertamina.

Pada tahun 2016, konstruksi Galaxy Mall 3 telah dimulai. Pada tanggal 10 Juli 2018 telah dilakukan pemasangan jembatan layang yang menghubungkan Galaxy Mall 1 dan 2 dengan Galaxy Mall 3. Selanjutnya jembatan ini juga berfungsi sebagai jembatan penyeberangan orang yang dilengkapi lift tersendiri, dan juga akan terintegrasi dengan angkutan cepat yaitu monorel yang diimplementasikan oleh pemerintah kota Surabaya. Ini merupakan jembatan mall yang melalui jalan yang kedua di Surabaya setelah Siola. Pada tanggal 19 April 2019, bertepatan dengan hari Jumat Agung, Galaxy Mall 3 selesai dibangun dan dibuka dengan H&M dan Uniqlo sebagai salah satu penyewa utamanya. Pada tanggal 1 November 2019, restoran steak terkenal di Surabaya, Boncafe, membuka gerai keenamnya di Galaxy Mall 3 lantai 3, tepatnya di sebelah restoran Lincafe.





Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar