Stasiun Kereta Api

STASIUN SURABAYA PASAR TURI


Stasiun Surabaya Pasar Turi (kode: SBI, +1 m) adalah stasiun kereta api kelas besar di perbatasan antara Gundih, Bubutan, Surabaya dengan Tembok Dukuh, Bubutan, Surabaya. 
Dengan letak ketinggiannya tersebut, stasiun ini merupakan stasiun terendah di Daerah Operasi VIII Surabaya. 

Stasiun ini memiliki 8 jalur dengan jalur 3 sebagai sepur lurus untuk jalur tunggal dan juga jalur ganda arah hulu (ke arah Jakarta) serta jalur 2 sebagai sepur lurus untuk jalur ganda arah hilir (dari arah Jakarta).

Stasiun ini merupakan tempat keberangkatan utama semua kereta api dari Kota Surabaya yang melewati jalur Pantura (Surabaya-Bojonegoro-Cepu-Semarang-Cirebon-Jakarta)


 


STASIUN SURABAYA KOTA / STASIUN SEMUT


Stasiun Surabaya Kota (SB) yang populer dengan nama Stasiun Semut merupakan stasiun kereta api kelas besar yang terletak di Bongkaran, Pabean Cantikan, Surabaya. 

Letaknya sebelah Utara Stasiun Surabaya Gubeng dan biasanya sebagai stasiun tujuan terakhir di Kota Surabaya dari jalur kereta api pulau Jawa bagian Selatan yang menghubungkan Surabaya dengan Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta serta bagian Timur yang menghubungkan Surabaya dengan Malang, Probolinggo,Jember, dan Banyuwangi. 

Saat ini keberangkatan dari dan ke menuju kota-kota tersebut dipindahkan ke Stasiun Surabaya Gubeng sehingga Stasiun Semut dijadikan sebagai tempat langsiran kereta api jarak menengah dan jauh serta melayani kereta ekonomi jarak dekat (lokal dan komuter) saja.


 


STASIUN SURABAYA GUBENG

Stasiun Surabaya Gubeng (kode: SGU, +5 m) adalah stasiun kereta api kelas besar yang melalui jalur Selatan.

Stasiun Gubeng terbagi menjadi 2 yakni Stasiun Gubeng Baru dan Stasiun Gubeng Lama.

Stasiun Gubeng Baru

Stasiun Gubeng Baru terletak di Jalan Gubeng Masjid Surabaya, dekat dengan kantor KAI Daerah Operasi VIII Surabaya dan kantor PDAM Surabaya.

Stasiun Gubeng Baru, merupakan stasiun kereta api untuk keberangkatan & kedatangan KA kelas eksekutif dan bisnis.

Stasiun Gubeng Lama

Sedangkan Stasiun Gubeng Lama lokasinya ada di sebelah Barat stasiun Gubeng Baru, berseberangan dengan RS DKT Gubeng.

Stasiun Gubeng Lama ini digunakan untuk keberangkatan & kedatangan kereta api kelas ekonomi dan kereta komuter.


 

STASIUN SURABAYA WONOKROMO


Stasiun Wonokromo (WO) adalah stasiun kereta api kelas I yang terletak di Jalan Stasiun Wonokromo No. 1, Jagir, Wonokromo, Surabaya dan berada di bawah naungan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi VIII Surabaya. 

Stasiun yang terletak pada ketinggian +7 m ini berada di bagian selatan Surabaya, dan menjadi gerbang masuknya kereta api dari arah Selatan (Malang/Banyuwangi Baru) dan Barat Daya (Madiun) menuju Surabaya. 

Stasiun Wonokromo mempunyai 3 lonceng di sekitar ruang PPKA. Bunyi dari lonceng yang paling Utara digunakan sebagai tanda KA diberangkatan dari atau ke Stasiun Gubeng, bunyi dari lonceng yang di tengah digunakan sebagai tanda KA diberangkatkan dari atau ke Stasiun Sepanjang, dan bunyi dari lonceng yang paling selatan digunakan sebagai tanda KA diberangkatkan dari atau ke Stasiun Waru.


Share



Berikan Komentar Anda 

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar