Taman Kota

1. Taman Bungkul
Taman Bungkul

Taman Bungkul, namanya terinspirasi dari seorang Sunan yang bernama Ki Ageng Supo. Beliau merupakan seorang penyebar agama Islam di Kota Pahlawan tersebut. Panggilan dari Ki Ageng Supo sendiri ialah Sunan Bungkul, yang menginspirasi masyarakat untuk menanam tanaman di tempat tersebut.


Taman ini terletak di daerah Wonokromo dengan sederet fasilitas yang akan membuat Anda betah. Diantaranya seperti jogging track, WIFI spot gratis, panggung hiburan, dan lain sebagainya. Lokasinya di Jl. Taman Bungkul, dekat jalan Raya Darmo Surabaya. 






2. Taman Prestasi
Taman Prestasi

Taman Prestasi berlokasi di Jalan Ketabang, Genteng Surabaya. Jika dilihat dari segi usia, objek wisata ini sudah diresmikan 1995 oleh Nyonya Basofi Sudirman.

Nama “Prestasi” sendiri adalah salah satu bentuk rasa syukur pemerintah daerah di zaman itu karena Surabaya dianugerahi beberapa penghargaan yang menunjukkan prestasi.

Selain itu, istilah prestasi bagi taman ini juga diberikan supaya banyak pelajar atau mahasiswa Surabaya yang selalu ingin mengembangkan prestasi dengan berbagai cara misalnya diskusi di tempat ini.

Banyak pengunjung yang menghabiskan waktu untuk berfoto di lokasi ini karena letaknya yang strategis dan luas area sangat besar, yakni mencapai 6000m².




 


3. Taman Mundu
Taman Mundu
Taman Mundu termasuk dalam salah satu taman paling terkenal di Surabaya karena air mancurnya di malam hari yang indah. Fasilitasnya pun cukup lengkap seperti jogging track, spot lampu hias, play ground, air mancur, dan lain sebagainya.

Taman yang dipenuhi oleh tanaman hijau ini, sering dikunjungi oleh warga sekitar maupun wisatawan. Tempatnya yang asri membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini. Lokasinya di Jl. Juwet, tepat di dekat Stadion Gelora 10 November Tambaksari, Surabaya.



4. Taman Pelangi
Taman Pelangi

Seperti namanya, Taman Pelangi Surabaya menghadirkan pemandangan pelangi dari lampu warna-warni yang eksotis. Tidak hanya itu, jika pengunjung melakukan pemotretan pada malam hari maka keindahan taman dan spot disekitarnya akan lebih tajam. Lokasinya di jalan A. Yani seberang kantor Dolog Surabaya.






 
5: Taman Surya
Taman Surya

Taman Surya Surabaya dibangun sejak Balai Kota Surabaya berdiri. Lokasinya berada di Jalan Taman Surya No. 1 Surabaya. Taman ramah anak ini mempunyai area sepatu roda yang khusus dibuat dengan keramik. Jadi, momen hiburan bagi anak-anak akan lebih seru.

Bentuk-bentuk fasilitas yang bisa ditemukan di objek wisata yang satu ini adalah air mancur utama, pojok air mancur kembar, air mancur menari, parkir meter, dan kursi taman.

Kelebihan dari fasilitas-fasilitas tersebut adalah akses parkir sudah berbasis elektronik dan air mancur aman bagi anak yang bermain.

6. Taman Persahabatan


Namanya unik, yaitu Taman Persahabatan. Sesuai dengan namanya, taman ini merupakan saksi dari persahabatan yang terjalin antara Negara Indonesia dan Negara Korea Selatan. Lokasinya ada di Jalan Sulawesi Nomor 67 Surabaya.

Taman ini telah dibangun sejak tahun 1994. Terdapat air mancur yang membuat taman ini terlihat cantik dan segar. Selain itu ada pula lampu-lampu yang dipasang sehingga para wisatawan dapat berfoto selfie dengan lampu yang indah pada malam hari.




 

7. Taman Harmoni Keputih
Taman Harmoni Keputih

Taman Harmoni Keputih ini sebenarnya merupakan nama lokasi. Taman ini memiliki julukan lain yaitu Taman Sakura. Nama Taman Sakura berkaitan dengan keberadaan tanaman bunga sakura di objek wisata ini. Lokasinya di Jalan Keputih Tegal Timur No. 241, Keputih, Sukolilo, Surabaya. 

Dengan melihat keindahan dan kebersihannya, tidak akan ada yang menyangka bahwa taman ini merupakan bekas tempat pembuangan sampah di daerah tersebut. Walikota Surabaya Tri Rismaharini telah “menyulap” Taman Harmoni menjadi ruang terbuka hijau yang cocok untuk objek foto.



8. Taman Wonorejo
Taman Wonorejo

Taman Wonorejo disebut juga Kebun Bibit Wonorejo. Taman ini berada di Jl Raya Kendalsari, Wonorejo Rungkut Surabaya. Luas area Taman Wonorejo kurang lebih 6 hektare dengan aneka bibit-bibit tanaman sejauh mata memandang.

Selain banyak tanaman yang membuat nyaman, di lokasi ini juga terdapat sebuah danau. Danau Taman Wonorejo sangat cantik dan cocok untuk objek foto Instagram.

Tidak heran, banyak pasangan yang memanfaatkannya untuk mengambil foto prewedding. Tidak hanya itu, ada pula area jogging dan refleksi kaki serta playground yang tidak dikenakan biaya apapun.






 

 

9. Taman Kunang-kunang
Taman Kunang-kunang

Bentuk kunang-kunang dalam lampu seolah memberikan kehangatan tersendiri pada setiap jepretan foto yang diambil pada lokasi ini.

Memang, Taman Kunang-kunang tidak memiliki koleksi kunang-kunang asli karena semakin jarang ditemukan hewan tersebut di kota besar. Tetapi keberadaan lampu yang terang di malam hari akan sangat mengesankan dan indah.

Sebaiknya pengunjung mengambil waktu untuk berfoto pada malam hari. Karena keindahan taman ini lebih mutlak jika diabadikan di malam hari. Sesuaikan kapasitas pencahayaan kamera dengan keadaan. Lokasinya ada di 
Jl.Penjaringan Sari, Rungkut Surabaya.

10. Taman Flora Bratang
Taman Flora Bratang

Taman Flora Bratang adalah lokasi yang dipenuhi oleh tanaman-tanaman. Selain memiliki kekayaan alam hayati dengan keanekaragaman flora, lokasi ini juga sangat sejuk dan indah.
Jadi, jika belum sempat pergi ke kebun raya, maka lokasi ini bisa menjadi penawar keinginan tersebut.

Karena banyak jenis tumbuhan di sana, maka traveler yang datang bukan hanya untuk berfoto saja. Banyak juga yang melakukan studi banding dan penelitian di lokasi ini. Selain teduh, areanya juga nyaman dan bersih.

Tidak hanya itu, di Taman Flora Bratang juga disediakan area ibadah sehingga lebih memudahkan pengunjung yang ingin berlama-lama di sana.






 

 

11. Taman Paliatif
Taman Paliatif

Nama unik Taman Paliatif disematkan untuk menjelaskan tujuan dibangunnya lokasi ini.
Paliatif sendiri mempunyai arti perawatan medis yang berkonsentrasi untuk mengurangi tingkat gejala penyakit.

Fokus utama taman ini adalah sebagai tempat bagi para penyandang kanker stadium tinggi untuk bertukar cerita.

Dengan luas area yang cukup besar yaitu sekitar 1.200m², Taman Paliatif memberikan fasilitas lengkap berupa ruang baca tentang informasi kesehatan (ruang info), rute refleksi kaki, area jogging dan air mancur. lokasinya ada di jalan Kesumba, Tambaksari Surabaya.


12. Taman Lansia
Taman Lansia

Sesuai dengan namanya, Taman Lansia memang ditujukan untuk masyarakat lanjut usia. Objek wisata yang terletak di Jalan Kalimantan Surabaya ini dulunya adalah bekas pom bensin dengan luas lahan sekitar 2000m2.

Meskipun namanya Taman Lansia, tetapi pengunjung yang masih muda juga boleh datang dan mengambil foto di lokasi ini.

Karena diperuntukkan bagi para lansia, maka desain jalan yang dibuat bisa dilalui kursi roda.

Pada pagi dan sore hari akan banyak ditemui orang-orang yang menghabiskan waktu bersantai menghirup udara segar sambil melihat bunga-bunga asri di sana.






 

 

13. Taman Ekspresi
Taman Ekspresi

Nama Taman Ekspresi merupakan salah satu cara untuk menunjukkan jati diri taman ini sebagai galeri seni yang lebih terbuka. Dengan warna warni di sekitar taman serta pepohonan rindang, area ini memang sangat cocok dijadikan objek fotografi atau bahkan area membuat video klip.

Beberapa hal yang menarik di Taman Ekspresi adalah patung instalasi dan pohon persahabatan yang ditanam oleh walikota-walikota ASEAN sebagai wujud persahabatan dengan Surabaya. Lokasinya di 
Jalan Genteng Kali Surabaya, persis di depan kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.


14. Taman Apsari


Taman Apsari lokasinya berhadapan dengan gedung Grahadi di 
Jalan Gubernur Suryo Surabaya. Tempat ini selalu ramai oleh pengunjung karena mempunyai taman yang mempunyai 20 jenis bunga dan tanaman lainnya yang cantik. Anda juga dapat melihat patung Gubernur Suryo di tempat ini.

Tempat ini buka selama 24 jam penuh, jadi Anda dapat berkunjung kapan saja yang Anda mau. Bahkan tempat ini dapat Anda jadikan spot berolahraga karena mempunyai fasilitas jogging track.



15. Air Mancur Menari



Tempat wisata kedua adalah Air Mancur Menari yang terletak di daerah Kenjeran. Tempat ini merupakan spot bagus untuk mengambil foto selfie. Karena terdapat jembatan megah yang di bangun di sepanjang Pantai Kenjeran. Dari jembatan inilah Anda dapat menikmati kecantikan Air Mancur Menari.

Pada malam hari, terdapat lampu-lampu yang disusun untuk mempercantik pemandangan taman. Bahkan terdapat spot khusus untuk selfie yang disiapkan untuk pengunjung. Lokasinya ada di Kenjeran, Kec. Bulak, Surabaya



16. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam ini berada di Jalan Pemuda Nomor 39 daerah Genteng. Di tempat ini Anda dapat melihat secara live berbagai kendaraan militer yang dipajang.

Tempat ini begitu edukatif, mengingat monumen kapal selam merupakan KRI Pasopati 410 yang ikut dalam operasi Trikora. Untuk lebih mengenal tentang sejarahnya, para pengunjung disuguhkan sebuah film pendek tentang pertempuran Laut Aru. Lokasinya di Jl. Pemuda No. 39, Surabaya.





17. Ekowisata Mangrove


Ekowisata Mangrove adalah 
tempat yang segar dan juga edukatif untuk lebih dekat dengan alam. Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata di Surabaya yang begitu digemari oleh para wisatawan karena dapat merasakan daerah hijau di tengah cuaca panas Surabaya yang terik. Lokasinya di Jl. Raya Wonorejo No. 1, Wonorejo, Kec. Rungkut, Surabaya.




[dari berbagai sumber


Share



Berikan Komentar Anda 

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar